Memakai alam untuk membersihkan alam
4:47 pm | Author: Muhammad Iqbal
" Memakai alam untuk membersihkan alam" tu salah satu bagian dalam artikel pada kmpas.com
alamat lengkap untuk artikel ini http://sains.kompas.com/read/xml/2009/02/10/13412714/membersihkan.laut.dengan.mikrobakteri
sebuah artikel yang menurut saya sangat menarik, inovatif, dan konstruktif. Salah satu penemuan besar dalam dunia sains terutama dalam bidang lingkungan hayati yang mungkin sebelumnya telah ditemukan tapi belum banyak ditanggapi secara menyeluruh dan mendetail oleh sebagian besar orang. Sehingga maksud dan tujuan dari penemuan itu belum sepenuhnya mencapai tujuan yang diinginkan.
betapa besarnya ALLAH SWT yang telah menciptakan manusia dengan begitu banyaknya keistimewaan dan kesempurnaannya.
Logika yang ditanami ilmu pengetahuan, dipupuki rasa ingin tahu, disirami keiinginan untuk memberi manfaat lain dalam hidup, dibimbing petunjuk-petunjuk ALLAH pada akhirnya menumbuhkan hal indah yang bermanfaat. Tak luput turut selaras untuk bersimfoni dengan elemen-elemen kehidupan yang lain.
Kembali pada judul diatas, para peneliti yang melakukan riset di perairan selat malaka dan beberapa perairan lain yang menjadi rute kapal tanker pengangkut minyak menemukan sejumlah mikrobakteri di laut-laut tersebut yang mempunyai kemampuan untuk melakukan proses biodegradasi, yakni suatu proses penguraian minyak di laut dengan materi biologi yang salah satu aktor utama nya adalah mikrobakteri..
Perjalanan panjang dari penelitian ini yang kurang lebih berlangsung selama tiga tahun telah berhasil menemukan lebih dari 182 spesies dan 53 genus dari mikrobakteri yang mampu melakukan proses biodegradasi..beberapa spesies itu di antaranya Acinetobacter dan Alcanivorax yang mempunyai peran cukup dominan dalam proses ini.
ulasan singkat di atas mungkin masih jauh untuk dianggap bagus apalagi memuaskan..tapi saya hanya ingin menuliskan sesuatu berdasarkan ketertarikan saya terhadap alam.
Ada sesuatu yang membuka pikiran saya pada artikel ini, bahwa alam akan bersimfoni selaras dengan kita (manusia) dan elemen alam lainnya selama diperlakukan dengan memperhatikan hakikat alam itu sendiri yang telah ada sebelumnya..adapun hakikat itu telah mengalami pergeseran-pergeseran yang disebabkan pergeseran peradaban manusia tentu manusia harus memikirkan langkah antisipatif untuk menjaga agar simfoni alam itu tetap terjaga..menurut saya, mngembalikan keadaan alam kembali ke keadaan semula dengan bantuan alam lagi adalah langkah terbaik.
sekarang kita sebagai manusia mempunyai banyak cara untuk mengimplementasikan hal tersebut.mungkin sebagian kecil orang sudah, namun perlu lebih banyak orang lagi.karena alam kita begitu besar begitu kompleks dan begitu menarik.
maka sudah saatnya ego dan kepentingan yang tidak bertanggung jawab yang selama ini menjadi penghambat kemajuan yang sangat sulit dihilangkan perlahan kita putus mata rantai nya..
hal ini tidak sulit namun bukan berarti mudah, perlu sinergi yang luar biasa dari banyak komponen.tapi kita adalah manusia dengan segala kesempurnaan.
ALLAH berfirman tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali kaum tersebut mau untuk merubahnya..
saya hanya bisa berkata dan mengajak, mari kita bersama-sama bersimfoni indah dengan alam..
maka alam akan bersenandung merdu untuk kita
|
This entry was posted on 4:47 pm and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: